Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Otomotif 3 TP. 2022/2023

  • Trainers
  • Ulgayadi Spd |

Nama Sekolah

:

SMK Negeri 1 Suliki

Bidang Keahlian

:

Teknik Otomotif

Kompetensi Keahlian

:

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Mata Pelajaran

:

Pemeliharaan Kelistrikan Ringan

Durasi (Waktu)

:

560JP

Kelas / Semester

:

XI (Sebelas) / 1 (Satu)

 

Deskripsi

Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan adalah salah satu mata pelajaran kompetensi kejuruan program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) disampaikan di kelas XI semester 3 sampai semester 6 masing-masing 8 jam pelajaran. Materi pembelajaran semester 3 tentang Sistem Penerangan, Sistem Instrumen dan Sinyal, Sistem Starter, Sistem Pengapian Konvensional dan Sistem Pengapian Elektronik. Sedangkan untuk semester 4 menekankan pada materi pembelajaran yaitu Sistem Pengisian, Sistem Pengaman dan Sistem Kontrol Elektronik Injeksi. Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan ini menggunakan metode belajar saintifik dengan model pembelajaran Inquiry Metode Ceramah, Diskusi dan Enquiry. Menurut Gulo (dalam Al-Tabani, 2014: 78) mendeklarasikan strategi inkuiri berarti dari serangkaian kegatan belajar yang berkaitan dengan seluruh siswa untuk mencari dan mengakses secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga dapat digunakan untuk merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil yang mempertimbangkan fakta, hasil yang diperoleh dari temuan itu sendiri. Jadi mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil yang mempertimbangkan fakta, hasil yang diperoleh dari temuan itu sendiri. Jadi mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil yang mempertimbangkan fakta, hasil yang diperoleh dari temuan itu sendiri.

Course Information

Tujuan Akhir Pembelajaran

Metodologi Pembelajaran

Coaches

Ulgayadi Spd

Ulgayadi Spd