Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Otomotif 3 TP. 2022/2023
- Ulgayadi Spd |

Nama Sekolah |
: |
SMK Negeri 1 Suliki |
Bidang Keahlian |
: |
Teknik Otomotif |
Kompetensi Keahlian |
: |
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif |
Mata Pelajaran |
: |
Pemeliharaan Kelistrikan Ringan |
Durasi (Waktu) |
: |
560JP |
Kelas / Semester |
: |
XI (Sebelas) / 1 (Satu) |
Deskripsi
Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan adalah salah satu mata pelajaran kompetensi kejuruan program keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO). Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR) disampaikan di kelas XI semester 3 sampai semester 6 masing-masing 8 jam pelajaran. Materi pembelajaran semester 3 tentang Sistem Penerangan, Sistem Instrumen dan Sinyal, Sistem Starter, Sistem Pengapian Konvensional dan Sistem Pengapian Elektronik. Sedangkan untuk semester 4 menekankan pada materi pembelajaran yaitu Sistem Pengisian, Sistem Pengaman dan Sistem Kontrol Elektronik Injeksi. Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan ini menggunakan metode belajar saintifik dengan model pembelajaran Inquiry Metode Ceramah, Diskusi dan Enquiry. Menurut Gulo (dalam Al-Tabani, 2014: 78) mendeklarasikan strategi inkuiri berarti dari serangkaian kegatan belajar yang berkaitan dengan seluruh siswa untuk mencari dan mengakses secara sistematis, kritis, logis, analitis, sehingga dapat digunakan untuk merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil yang mempertimbangkan fakta, hasil yang diperoleh dari temuan itu sendiri. Jadi mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil yang mempertimbangkan fakta, hasil yang diperoleh dari temuan itu sendiri. Jadi mereka dapat merumuskan sendiri penemuan-penemuannya dengan penuh percaya diri. Menurut Al-Tabani (2014: 147) inkuiri merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran berbasis kontekstual. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil yang mempertimbangkan fakta, hasil yang diperoleh dari temuan itu sendiri.
Course Information
Tujuan Akhir Pembelajaran
Setelah mempelajari uraian materi dalam pembelajaran dan kegiatan belajar diharapkan peserta didik dapat memiliki kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang berhubungan dengan materi:
- Memahami prinsip kerja dan Menerapkan cara perawatan sistem kelistrikan
- Memahami Prinsip kerja dan Menerapkan Pemasangan Perlengkapan Kelistrikan Tambahan (Asesories)
- Sistem Pemula Memahami Prinsip kerja dan Perawatan
- Memahami prinsip kerja dan Perawatan sistem pengapian konvensional
- Memahmi prinsip kerja dan Perawatan sistem pengapian elektronik
Metodologi Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan untuk Mempelajari Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan ini yaitu:
- Metode Instruksional yaitu; Siswa membaca instruksi yang disampaikan dalam e-learning ini dengan baik dan disampaikan sesuai dengan apa yang diinstruksikan
- Metode Tanya Jawab yaitu; Siswa menjawab seluruh Soal - Soal yang diberikan kemudian menjawabnya dengan benar. Selain itu siswa juga dapat bertanya tentang materi yang dipelajari dengan mengirim pertanyaan di kolom chat atau pesan
- Metode Demonstrasi
- Metode Pemecahan Masalah
Coaches

Ulgayadi Spd